Rabu, 17 Juli 2013

30hari30film: A Separation (2011)

10 Ramadhan 1434 H


A Separation adalah film tentang seorang istri yang bernama Simin (Leila Hatami) yang menggugat cerai suaminya, Nader (Peyman Mooadi). Cerita berkembang menjadi bagaimana pembantu rumah tangga yang direkrut oleh Nader -untuk mengurusi pekerjaan rumah tangga pasca istrinya tak lagi tinggal disitu- ternyata memicu masalah yang menjadi sangat kompleks. Nader menuduh pembantu bernama Razieh tersebut meninggalkan ayah Nader yang terkena penyakit alzheimer sendirian di rumah dan mengikatnya di tempat tidur. Nader yang kesal kemudian memecat Razieh hari itu juga. Razieh sebaliknya, telah menuduh Nader sebagai penyebab keguguran anak yang dikandungnya (Di hari ketika Nader memecatnya, ia mendorong Nader dan diduga itulah penyebab gugurnya janin).

Kemudian menarik bagaimana sutradara sekaligus penulis skenario Ashgar Farhadi menjadikan konflik demi konflik untuk mengajak kita mempertanyakan suatu sikap hidup yang barangkali terdengar klise namun sebenarnya masih penting: kejujuran. Tentang jujur ini, A Separation tidak menerangkannya dengan cara menggurui. Dengan cerdik ia menunjukkan betapa masih pentingnya jujur itu, dengan cara memperlihatkan kebohongan-kebohongan berlapis yang justru berakibat buruk pada situasi secara keseluruhan.

A Separation merupakan film Iran pertama yang memenangkan Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik tahun 2012. Film ini memang memenuhi segala syarat untuk dikatakan sebagai film berkualitas. Akting, dialog, cerita, musik, dan ending-nya digarap dengan sangat baik sehingga penonton manapun agaknya akan terpaku di tempat duduknya sepanjang film dengan napas tertahan. Bahkan hingga beberapa saat setelah film selesai, napas itu tidak akan segera dihelakan.

Rekomendasi: Bintang Lima  
Previous Post
Next Post

0 komentar: