Rabu, 08 Agustus 2012

30hari30film: The Next Three Days (2010)


20 Ramadhan 1433


The Next Three Days adalah film garapan Paul Haggis yang merupakan remake dari film Prancis tahun 2008, Pour Elle. Film berdurasi 153 menit ini berkisah tentang pengorbanan seorang pria bernama John Brennan (Russell Crowe) yang berupaya membebaskan istrinya, Lara Brennan (Elizabeth Banks) dari penjara di Kota Pittsburgh.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bagi John Brennan, bahwa dia harus berurusan dengan sisi gelap dunia. Ia yang bekerja sebagai guru di pelajaran sastra, mesti berhadapan dengan urusan paspor gelap, pembuatan kunci palsu, manipulasi data kesehatan, penodongan, hingga pembunuhan, demi membebaskan sang istri dari penjara. Apa yang dilakukan oleh John adalah sebuah kefrustasian setelah jalur legal yang ia tempuh tidak sanggup untuk meringankan hukuman Lara yang dikenai pasal pembunuhan dan divonis hukuman seumur hidup. John, dalam tiga tahun, mempelajari dengan seksama seluk beluk penjara Kota Pittsburgh dan berupaya menanggalkan segala reputasi bersihnya sebagai seorang guru, untuk kemudian membebaskan seorang narapidana –yang berisiko membuat John jadi seorang narapidana juga-.

The Next Three Days cukup memberikan ketegangan yang konsisten sepanjang film. Membuatnya cukup pantas untuk dikategorikan sebagai thriller. Bahkan hingga menjelang akhir film pun, penonton masih sulit menebak bagaimana akhir ceritanya. Tak hanya tentang bagaimana taktik John dalam menembus barikade pertahanan penjara yang menyekap sang istri, film ini juga menarik karena melihat bagaimana kontradiksi perasaan John sebagai orang yang berpendidikan dan tak akrab dalam melakukan kejahatan, tapi harus dilakukan atas dasar kecintaan pada sang istri dan juga anak semata wayangnya, George Brennan (Brian Denehy). Film ini bagus, menghibur, tapi tidak terlalu istimewa.

Rekomendasi: Bintang Tiga
Previous Post
Next Post

0 komentar: