Sunday, August 12, 2012

30hari30film: The Fighter (2010)


24 Ramadhan 1433 H



Christian Bale dalam film ini tampil memukau. Ia diganjar Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik, dimana ia berperan sebagai eks petinju Dick “Dicky” Eklund. Dalam The Fighter, diceritakan Dicky membantu adiknya, Micky Ward (Mark Wahlberg), untuk memperbaiki karir bertinjunya dari yang tadinya hanya “batu loncatan” bagi petinju lain, menjadi seorang juara. Namun masalah terbesarnya adalah Dicky bukanlah pelatih biasa. Meski ia adalah eks petinju yang pernah memukul jatuh petinju legendaris Sugar Ray Leonard, namun karirnya habis setelah itu. Dicky berubah menjadi pecandu narkoba yang membuat karir adiknya sendiri menjadi dalam posisi sulit.

The Fighter yang disutradarai oleh David O’Russell ini bisa digolongkan sebagai film tentang olahraga tinju yang cukup menghibur setelah Raging Bull dan Rocky –yang diakui Wahlberg, dua film tersebut adalah favoritnya-. Film yang mengangkat tema kombinasi antara genre olahraga dan drama ini memperlihatkan suatu kekuatan akting Mark Wahlberg dan Christian Bale yang terasa sekali chemistry hubungan adik dan kakak. Terutama tokoh Dicky, meski kontroversial, namun dihayati dengan sangat brilian oleh Bale sehingga ia menjadi dibenci sekaligus dicintai.

Kisah tentang bersaudara Dick Eklund dan Micky Ward ini terinspirasi dari kisah nyata. Dalam karir Dicky, memang kebanggaan terbesarnya adalah memukul KO Sugar Ray Leonard, membuat ia dijuluki sebagai Pride of Lowell (Lowell adalah kota tempat tinggalnya). Kisah Dicky ini mirip dengan Leon Spinks yang menjatuhkan Muhammad Ali dan setelah itu terjerat kasus narkoba karena konon tak sanggup mengendalikan euforia kemenangannya. Namun tak hanya kebanggaan Dicky itu saja yang dieksploitasi The Fighter, melainkan juga bagaimana latar belakang keluarga miskin menjadikan bertinju sebagai salah satu mata pencaharian. Hal ini terlihat pada saat menjelang hari bertanding Micky, ia mendapati bahwa lawan yang seharusnya bertanding melawan dia, mengalami sakit. Akhirnya, Micky harus menghadapi lawan lain yang jauh lebih berat daripadanya. Mengapa ia mau menghadapi? Karena kata sang promotor, “Jika kamu tak bertanding, diantara kalian tidak ada yang dapat bayaran.”

Rekomendasi: Bintang Empat
Previous Post
Next Post

0 comments: